SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Percepat Turunkan Stunting, Pemkab Ngawi Galakkan Orang Tua Asuh

08 Maret 2024 17:18:10  Administrator  184 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Upaya untuk mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia menjadi tanggungjawab bersama semua pihak. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) meningkatkan cakupan program orang tua asuh untuk mempercepat penurunan stunting di daerahnya.

Pelaksanaan program orang tua asuh bagi balita dengan riwayat stunting di Desa Sambiroto telah mulai dilaksanakan sejak Februari 2024. Peserta orang tua asuh tidak hanya individu, tetapi bisa juga lembaga yang nantinya bersama-sama memberikan perhatian, pendampingan bahkan memberikan bantuan makanan tambahan (PMT).

Kepala Desa Sambiroto beserta Ketua Tim Penggerak PKK, bidan desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama-sama mengunjungi dan memberikan bantuan makanan tambahan bagi 4 balita dengan riwayat stunting di Dusun Bolo I dan Dusun Bolo II pada Jumat (08/03/2024).

Selaku orang tua asuh, Sri Mulyono (Kepala Desa Sambiroto) menegaskan pentingnya kepedulian seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan balita sebagai generasi yang sehat dan berkualitas baik fisik maupun mentalnya. "Ya, ini menjadi bagian dari tanggungjawab saya sebagai kepala desa. Lebih dari itu, saya mengajak seluruh orang tua dan seluruh masyarakat, mari kita peduli dengan kesehatan anak-anak kita. Dan mari bersama-sama kita wujudkan Sambiroto yang zero stunting," tegasnya.

Melalui kebijakan orang tua asuh bagi anak yang masuk kategori stunting menjadi salah satu upaya dalam pemenuhan target nasional sebesar 14 % di Tahun 2024 dan upaya meningkatkan pemantauan kualitas gizi balita serta memperkuat peran dan fungsi posyandu di setiap desa dan kelurahan.

Orang tua asuh bagi anak stunting adalah bagian dari aksi dan kepedulian sosial dari segenap elemen dan pemangku kepentingan dan merupakan bagian dari upaya mendukung Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia 2021-2024 (RANPASTI).

Dengan semangat dukungan dan komitmen bersama dari berbagai pemangku kepentingan dapat berkontribusi menyelamatkan anak bangsa dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Ngawi

Program intervensi seperti pemberian makanan tambahan bergizi, serta pengukuran tinggi dan berat badan terhadap anak itu tetap dilakukan. Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Ngawi serta partisipasi mitra pembangunan telah memberikan dampak signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan program intervensi stunting.

Baca juga:

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:130
    Kemarin:1.277
    Total Pengunjung:411.868
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.116.27
    Browser:Tidak ditemukan