SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Fasilitasi Penyusunan Village Scorecard Kecamatan Padas

23 Februari 2024 21:59:48  Administrator  145 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Pemerintah Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi memberikan layanan fasilitasi penyusunan Village Scorecard bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) dari 12 desa di wilayah Kecamatan Padas.

Fasilitasi dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Padas pada Jumat (23/02/2024) mulai pukul 08.30 WIB. Hadir dalam kegiatan, Kasi Pemerintahan Kecamatan Padas, Pendamping Desa, Pendamping lokal desa dan diikuti oleh 12 Kader Pembangunan Manusia.

Village Scorecard merupakan fitur pelaporan yang memuat hasil olah data secara otomatis untuk menghasilkan laporan angka konvergensi stunting di desa. 

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mendukung penyediaan data  terkait kemajuan pelaksanaan aksi konvergensi desa adalah aplikasi eHDW (electronic Human Development Worker).

Aplikasi eHDW dipergunakan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam membantu Pemerintah Desa untuk melakukan pendataan sasaran rumah tangga dengan bayi 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan pemantauan akses layanan dasar di desa yang mendukung percepatan pencegahan stunting.

Seluruh data akan masuk ke dalam dashboard yang berfungsi sebagai portal data yang kemudian dapat diakses oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi serta Kementerian Desa PDTT.

Sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Presiden No. 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Kernendesa PDTT bertugas untuk memastikan 90% Pemerintah Desa Berkinerja Baik dalam pelaksanaan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di tahun 2024.

Indikator dasar dalam menentukan desa berkinerja baik sebagaimana diatur di dalam perpres 72/2021 yaitu alokasi dana desa untuk stunting dan pelaksanaan konvergensi percepatan penurunan stunting di desa.

Kementerian Desa PDTT di Tahun 2024 juga diamanahkan untuk memberikan apresiasi atas kinerja desa sehingga perlu menilai dan menentukan desa dengan kinerja terbaik sesuai amanah perpres.

Baca juga:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:304
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.220
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.73.147
    Browser:Mozilla 5.0