SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Peringatan Hari RPL Desa, Kemendes Lanjutkan Program Hingga Pascasarjana

03 Maret 2023 14:03:49  Administrator  195 Kali Dibaca  Berita Nasional

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan melanjutkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ke jenjang pascasarjana.

 
Rencananya beberapa perguruan tinggi negeri berikut dengan pemerintah daerah akan bekerja sama menyukseskan program tersebut.
 
Di antaranya adalah Kabupaten Bojonegoro sebagai pemerintah daerah pertama yang melaksanakan program tersebut. Selain itu Kabupaten Blora serta perguruan tinggi negeri seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Semarang.
 
"Sebentar lagi akan diselenggarakan RPL desa S2 oleh UB kemudian juga UNS (Universitas Sebelas Maret). Selain Kabupaten Bojonegoro (S2) ada Kabupaten Blora juga sebentar lagi akan kerja sama dengan UNNES," terang Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendes PDTT Luthfiyah Nurlela di peringatan Hari RPL Desa tahun 2023 di Bojonegoro, Kamis (2/3/2023).
 
RPL Desa merupakan program yang digagas Kemendes PDTT bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri dan pemerintah daerah. Mahasiswa berasal dari kepala desa, perangkat, hingga tenaga pendamping profesional dengan mengkonversi pengalaman dalam SKS.
 
Sampai saat ini telah ada 1.000 mahasiswa RPL Desa S1 di Unesa dan UNY dengan dukungan penuh dari Kabupaten Bojonegoro untuk beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT).
 
Beberapa program studi yang menjadi fokus dalam RPL Desa jenjang sarjana adalah Administrasi Negara, Administrasi Publik, Manajemen, Pendidikan Sosiologi, Sosiologi, Pendidikan Luar Sekolah, dan Akuntansi.
 
Sementara Program Studi Agribisnis, Ekonomi Pertanian, Teknologi Pendidikan, Sosiologi, Penyuluhan Pembangunan, Teknik Sipil, Pengelolaan SDA dan Lingkungan, dan Perencanaan Wilayah dan Kota yang direncanakan untuk jenjang pascasarjana.
 
Adanya program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di desa sehingga bermanfaat pada pembangunan hingga ke Indonesia. 
 
Luthfiyah menegaskan hal tersebut penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
"Program ini jadi salah satu program unggulan di Kemendes karena SDM desa menjadi faktor utama dalam pembangunan desa. Kita semua berharap dengan dikembangkannya RPL Desa maka semakin banyak SDM berkualitas. Maka muaranya pada pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
 
Sementara itu, Hari RPL Desa 2023 diperingati pada 3 Maret. Tema yang diusung adalah Kolaborasi RPL Desa, Menuju Kebangkitan Indonesia.
 
Selain pertemuan dengan perwakilan perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan mahasiswa RPL Desa, acara juga dilangsungkan dengan pemberian perlindungan dan santunan pada ahli waris TPP yang meninggal pada Januari dan Februari 2023. Hal ini merupakan hasil kerja sama antara Kemendes PDTT dengan BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa di antaranya berasal dari Kabupaten Lamongan, Pasuruan, Malang, Pacitan, dan Bojonegoro.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:156
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.072
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.174.108
    Browser:Mozilla 5.0