SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Bantuan Pangan Bulan Oktober Segera Disalurkan, Simak Informasinya!

10 Oktober 2023 13:05:18  Administrator  114 Kali Dibaca  Berita Desa

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan Perum Bulog dan vendor terkait akan segera menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepastian informasi penyaluran bahan pangan berupa beras 10 Kg/KPM untuk bulan oktober ini diterima sambiroto-ngawi.desa.id dari pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Padas. Menurut Arif (TKSK) Padas, bantuan akan disertahterimakan kepada KPM di Desa Sambiroto pada Senin, 16 Oktober 2023.

"Nanti KPM yang tertera diundangan cukup membawa KTP asli dan undangan yang berkode untuk pengambilan, tempatnya di kantor desa masing-masing," ujar Arif saat ditemui di Kantor Desa Sambiroto, Selasa (10/10/23).

Jumlah penerima bantuan di Desa Sambiroto tercatat 454 KPM, sedangkan se-Kecamatan Padas mencapai 5.560 KPM.

Semenjak kenaikan harga beras yang mencapai sekitar 5--6 persen dari harga normal dalam beberapa bulan terakhir membuat pemerintah menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat tak mampu. Hal ini disebabkan fluktuasi harga beras berdampak pada tingkat inflasi dan daya beli masyarakat.

Bantuan pangan berupa 10 kg beras tersebut akan didistribusikan setiap bulannya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak September hingga November 2023 atau mencapai 210 ribu ton beras per bulan. Sebelumnya, bantuan pangan beras ini akan dibagikan pada Oktober 2023, namun dipercepat mengingat harga beras yang masih tinggi serta situasi iklim akibat ancaman El Nino yang memicu ketersediaan bahan pangan.

Untuk itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada jajaran pemerintahan agar mendistribusikan bantuan 10 kilogram beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan mulai September hingga November 2023 yang berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh Bulog.

Sebelumnya pemerintah melalui Bapanas juga telah menyalurkan bahan pangan periode pertama pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara, pada periode kedua bantuan pangan baru diserahkan untuk satu bulan yaitu bulan September. Penyaluran bulan Oktober akan diserahkan pada Senin (16/10/23) pekan depan, dan masih tersisa satu bulan (November) mendatang.

Berita terkait:

Berita sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:252
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.168
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.199.140
    Browser:Mozilla 5.0