SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Puskesmas Padas Bersama Perangkat Desa Sambiroto Gelar Rakor Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi P4K

06 Maret 2024 11:00:12  Administrator  198 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Padas melaksanakan rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/ Perangkat Desa Sambiroto dan masyarakat terkait perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) bertempat di Sasana Krida Darma - Balai Desa Sambiroto, Rabu (06/03/2024).

Hadir dalam rakor, Kepala Desa Sambiroto bersama jajarannya, tim dari Puskesmas Padas, bidan desa, Ketua TP PKK Desa Sambiroto serta kader posyandu.

 
Dalam sambutannya, Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono berharap dengan terselenggaranya rapat koordinasi ini Program P4K dapat berjalan dengan baik sebagai upaya represif mencegah kematian ibu dan bayi baru lahir melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan antenatal/pelayanan kesehatan pada ibu hamil.
 
Di luar tema, Sri Mulyono juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing guna mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD).
 
Pada kesempatan berikutnya, Lilik Setyani (Bidan Koordinator) Puskesmas Padas memberikan apresiasinya atas kinerja bidan desa, kader posyandu bersama Pemerintah Desa Sambiroto yang telah memberikan layanan kesehatan dan pendampingan kepada ibu hamil sehingga tidak ditemukan kasus kematian ibu dan bayi baru lahir di Desa Sambiroto. "Kalau Desa Sambiroto saya sudah yakin program P4K ini sudah berjalan, buktinya tidaka ada laporan kasus kematian ibu hamil dan bayi baru lahir, alias sudah zero," jelas Lilik.
 
 
Lilik Setyani (Bidan Koordinator) Puskesmas Padas menyampaikan materi P4K dihadapan para kader posyandu di Sasana Krida Darma -Balai Desa Sambiroto, Rabu (06/03/2024)
 
Namun pihaknya tetap mengingatkan kepada seluruh peserta rakor untuk tetap  memberikan layanan pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil secara optimal. Ia menjelaskan resiko ibu hamil sangat mungkin terjadi jika tidak mengindahkan "4 terlalu dan 3 terlambat". Yaitu resiko ibu hamil karena terlalu tua, terlalu muda, terlalu dekat dan  terlalu sering (banyak). Sementara 3 terlambat yang harus dihindari adalah terlambat mengambil keputusan, terlambat sampai ke fasilitas kesehatan dan terlambat mendapatkan penanganan
.
P4K menjadi salah satu sarana pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga tentang kehamilan berisiko. Selanjutnya, mengajak dan memberikan pemahaman pada ibu hamil, suami dan keluarga untuk merencanakan persalinan dengan baik dan aman.
 
Tujuan P4K antara lain:
  • Suami, keluarga dan masyarakat paham tentang resiko persalinan;
  • Adanya rencana persalinan yang aman, rencana pasca persalinan seperti rencana kontrasepsi yang akan di pakai;
  • Adanya partisipasi masyarakat, tokoh masyarakat, kader guna mendukung program Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan;
  • Adanya dukungan sukarela dalam persiapan biaya, transportasi, donor darah, dan lain-lain;
  • Memantapkan kerjasama antara bidan, kader posyandu serta semua pihak terkait dalam mendukung program ini.

Berita sebelumnya:

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:68
    Kemarin:1.277
    Total Pengunjung:411.806
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.116.27
    Browser:Tidak ditemukan