SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Warga Berbondong-bondong, Semua Karena Jumadi Tersenyum

09 Juni 2023 10:24:35  Administrator  218 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Sejak pukul 06.00 pagi puluhan warga sudah mengantri di depan Kantor Kecamatan Padas, jalan raya Ngawi - Caruban KM 10 pada Jumat (09/06/23). Mereka didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga yang berasal dari Desa Padas dan sekitarnya.

Bukan karena ada pasar dadakan disana, namun mereka sangat antusias untuk mengikuti dan mengambil sesuatu dari "Jumadi Tersenyum". Jumadi sering identik dengan nama seorang laki-laki. Tapi tunggu dulu, Jumadi yang satu bukan sosok laki-laki yang jadi idola ibu-ibu loh?

Jumadi Tersenyum merupakan akronim dari Jumát Dini Hari Tersedia Sayur Mayur Untuk Umum, sebuah gebrakan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Padas untuk berbagi kepada masyarakat. Sesuai dengan namanya, dalam kegiatan Jumadi Tersenyum, Pemerintah Kecamatan Padas menyediakan sayur mayur kepada masyarakat yang membutuhkan secara cuma-cuma alias gratis. Kegiatan yang dilaksanakan seminggu sekali khususnya pada hari Jumat ini menyediakan puluhan hingga ratusan paket sayur mayur. Seperti pada Jumat pagi ini, 83 paket sayur mayur diberikan kepada warga.

Dipilihnya hari Jumat karena didalamnya terkandung beberapa keutamaan. Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam yang artinya rajanya hari.

Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, "Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga)." Malaikat yang lain berdoa, "Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)." (HR Bukhari dan Muslim).

Camat Padas Dodi Aprilasetia menjelaskan sayur mayur yang disedekahkan kepada warga yang membutuhkan ini merupakan donasi atau bantuan dari para donatur, baik donatur dari pegawai kecamatan dan masyarakat umum, bisa berwujud paket sayur mayur maupun donasi berupa uang yang dikelola oleh tim kecamatan untuk dibelikan sayur mayur. Ia berharap, semoga kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi semua orang untuk lebih peka dan peduli kepada sesama.

Baca juga:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:291
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.207
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.129.23.214
    Browser:Mozilla 5.0