SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Giat Posyandu Lansia Walet I Dusun Sambiroto I

27 Juli 2023 13:02:02  Administrator  150 Kali Dibaca  Berita Desa

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Sebagai instrumen negara yang peduli terhadap kesejahteraan warganya, termasuk lansia (orang lanjut usia), Pemerintah Desa Sambiroto mengambil peran melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab dalam bidang kesehatan untuk memenuhi kebutuhan lansia.

Rabu (26/07/23), bertempat di Balai Desa Sambiroto diselenggarakan posyandu lansia Walet I Dusun Sambiroto I. Kegiatan ini merupakan program pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk lansia. Dengan demikian kualitas hidup dan kesehatan lansia meningkat, serta mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi pada usia lanjut.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya pemerikasaan kesehatan dasar, penyuluhan kesehatan, penyusunan program pengobatan, konseling dan dukungan psikososial, pemberdayaan serta partisipasi lansia.

Dengan pemeriksaan kesehatan dasar lansia mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara berkala oleh tenaga medis yang terlatih. Pemeriksaan ini meliputi pengukuran tekanan darah, kadar gula darah, berat badan, tinggi badan, dan pemeriksaan fisik lainnya.

Hal ini yang kemudian menggerakkan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang sedang melaksanakan program MMD (Mahasiswa Membangun Desa) berpartisipasi melalui program kerjanya. Bersama kader posyandu mahasiswa UB mengajak 40 lansia yang hadir untuk senam bersama dilanjutkan penyuluhan kesehatan,

Sementara, penyuluhan kesehatan tidak hanya ditujukan kepada lansia namun juga dengan melibatkan pihak keluarga. Diantaranya tentang pentingnya pola makan sehat, olahraga, pengelolaan stres, serta informasi tentang penyakit yang umum terjadi pada usia lanjut. Sekali tempo penyuluhan diselingi dengan yel-yel bersama untuk relaksasi dan menghidupkan suasana ceria dalam kegiatan.

Di sisi yang lain, lansia juga membutuhkan dukungan emosional dan psikologis. Pada fase ini posyandu lansia dapat menyediakan konseling dan dukungan untuk mengatasi masalah sosial dan mental yang dihadapi oleh lansia.

Posyandu lansia memberikan stimulus sekaligus mendorong partisipasi aktif para lansia dalam pengelolaan kegiatan posyandu dan memberdayakan mereka untuk turut berperan dalam memajukan kesehatan komunitasnya.

Baca juga:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:253
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.169
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.199.140
    Browser:Mozilla 5.0