SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Bahas Peningkatan Kapasitas SPAM, Kades Sambiroto Terima Kunjungan Pendamping

08 Maret 2023 21:32:24  Administrator  223 Kali Dibaca  Berita Desa

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono menerima kunjungan pendamping program peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Selasa (07/03/23).

Rahtomo Eko, tenaga pendamping program peningkatan SPAM Dinas Perkim diterima Sri Mulyono di ruangannya bersama jajaran pengurus Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KP-SPAM).

Dikatakan Eko, kedatangannya bertujuan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah desa terkait program peningkatan SPAM dan jaringan perpipaan kawasan perdesaan. Sebagaimana diketahui tahun ini Desa Sambiroto memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim).

"Saya ditugaskan sebagai tenaga pendamping untuk DAK air minum yang ada di Desa Sambiroto. Ini peningkatan, karena di Sambiroto sudah ada KKM-nya. Jadi peningkatan penambahan sistem," kata Eko.

Eko menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya bersama Pemdes Sambiroto dan KKM akan mengadakan sosialisasi terutama untuk warga yang ditempati lokasi program. "Jadi program itu nanti yang dikerjakan apa saja nanti kita sosialisasikan ke masyarakat. Nanti bisa untuk pembuatan sumur, pembuatan tower, pemasangan jaringan perpipaan maupun SR (sambungan rumah_*red). Ini mulai penyusunan RKM, tanda tangan kontrak sekitar awal April, terus nunggu dua minggu sudah mulai pengerjaan" imbuhnya.

Jika tidak ada, kendala sosialisasi kepada masyarakat akan dilaksanakan dalam pekan ini. 

Sementara itu Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono mengungkapkan, sasaran peningkatan SPAM ditargetkan untuk masyarakat Dusun Sambiroto II. "Jadi nanti peningkatan SPAM ini akan dialokasikan untuk warga atau masyarakat Dusun Sambiroto II, kan untuk tiga dusun yang lain sudah tercover Pamsimas. Sudah kita lakukan geolistrik tahun lalu di lokasi pengeboran" ungkapnya.

Geolistrik rencana lokasi pembuatan sumur di RT 003 RW 002, Dusun Sambiroto II 

Dia berharap dengan adanya peningkatan SPAM ini seluruh masyarakat Desa Sambiroto terpenuhi hak dasarnya untuk mendapatkan air minum. Merasa aman dan tidak khawatir lagi dengan perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan kemarau panjang karena terpenuhi kebutuhannya dari SPAM.

Sebelumnya Desa Sambiroto telah menerima program Pamsimas III tahun 2019. Hingga saat ini masih dikelola dengan baik oleh KP-SPAM. Melayani pelanggan sebanyak 283 SR (sambungan rumah) di tiga dusun, yakni Sambiroto I, Bolo I dan Bolo II.

Baca juga:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:235
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.151
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.128.189.104
    Browser:Mozilla 5.0