SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Pertemuan Rutin PPDI Kecamatan Padas

25 Mei 2023 15:36:14  Administrator  206 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Padas mengadakan pertemuan rutin pada Kamis (25/05/23) bertempat di Balai Desa Bintoyo.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin PPDI dalam rangka menjaga silaturahmi serta soliditas perangkat desa sewilayah kecamatan Padas yang biasa digelar pada minggu terakhir setiap bulannya. Adapun lokasi pelaksanaannya dilakukan secara bergilir dari 12 desa yang ada di Kecamatan Padas.

Ketua Koordinator PPDI Kecamatan Padas, Suyadi mengatakan PPDI hadir sebagai wadah serta organisasi yang menaungi perangkat desa di seluruh Indonesia telah melalui berbagai masa-masa sulit. Dari awal perjuangan dengan bendera Parade Nusantara hingga diterbitkannya Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 dan pada akhirnya lahirlah nama PPDI.

Dengan disahkannya undang-undang tersebut, perangkat desa tidak lagi dipandang sebelah mata dalam struktur hukum pemerintahan dan tata negara. Sehingga dengan demikian status perangkat desa lebih jelas dari sisi hak dan kewajibannya.  Hal itu tidak lepas dari perjuangan perangkat desa terdahulu.

Salah satu perangkat desa yang memiliki andil dalam perjuangan itu adalah Sumarwan (Eks Modin Desa Bintoyo). Namun sayang, setelah aktif memperjuangkan nasib perangkat desa sebagai pimpinan Parade Nusantara waktu itu, ia belum sempat menikmati hasilnya namun terlebih dahulu dipanggil oleh Sang Maha Pencipta.

Ketua ppdi Kecamatan Padas Suryadi menyerahkan tali asih penghargaan kepada Muhibatul (istri almarhum Sumarwan) di Balai Desa Bintoyo, Kamis (25/05/23)

"Jadi apa yang kita nikmati hari ini, dengan lahirnya Undang-undang Desa dan Siltap (penghasilan tetap) tidak lepas dari perjuangan Bapak Sumarwan dulu sewaktu aktif sebagai pimpinan Parade Nusantara di wilayah Kecamatan Padas. Untuk itu pada pertemuan kali ini kita akan sampaikan bentuk penghargaan itu kepada ahli waris Pak Sumarwan," ujar Suyadi. Ia berpesan kepada perangkat-perangkat desa yang baru untuk tidak melupakan sejarah dan menghargai perjuangan para pendahulu.

Sementarai itu, Kepala Desa Bintoyo Aris Rianto mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PPDi. Ia mengungkapkan kesaksiannya atas perjuangan yang telah dilakukan oleh almarhum Sumarwan semasa hidupnya. "Saya tahu persis apa yang dilakukan oleh Pak Sumarwan dulu di Parade Nusantara, karena dulu teman sekantor saya di Pemdes Bintoyo, ya meskipun saya masih baru jadi perangkat dulu. Beliau sendiri yang aktif di Parade Nusantara. Jadi saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh teman-teman PPDI ini," jelas Aris.

Pertemuan juga membahas agenda-agenda penting PPDI kedepan, diantaranya akan menggelar pertemuan tingkat kabupaten yang sedianya akan digelar 17 Juni 2023.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:185
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.101
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.28.12
    Browser:Mozilla 5.0