SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Diskominfo Statistik dan Persandian Ngawi Gelar Bimtek KIM sebagai Media Jurnalisme Masyarakat

26 September 2024 17:15:20  Administrator  68 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi menggelar bimbingan teknis bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) pada Kamis (26/09/2024) di Kurnia Convention Hall, Jl. Ir. Soekarno, Ringroad Barat - Ngawi.

Merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2024 Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) adalah kelompok masyarakat yang melakukan pengelolaan dan diseminasi informasi dalam rangka peningkatan pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan kreatif.

KIM berkedudukan di kelurahan atau desa yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat. Peraturan ini mensyaratkan bahwa KIM seharusnya terdaftar pada dinas di tingkat kabupaten/kota.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi, Wahyu Sri Kuncoro, A.P saat membuka bimtek. Dengan terbitnya Permenkominfo Nomor 4 Tahun 2024, KIM yang sebelumnya merupakan Kelompok Informasi Masyarakat kini berevolusi dan menyandang nama resmi menjadi sebuah Komunitas Informasi Masyarakat. "Dengan peraturan baru ini memungkinkan jaringan dan jangkauan pegiat KIM menjadi lebih luas," jelas Wahyu.

Sementara, Fetty Kurniawati yang hadir sebagai narasumber menekankan bagaimana cara membangun rekam jejak positif di ruang digital. Menurutnya kapasitas ini sangat penting untuk dikuasai oleh pegiat KIM.

Perempuan yang juga Ketua Relawan TIK Kabupaten Ngawi ini memaparkan bahwa setiap harinya kita selalu bersinggungan dengan dunia digital, bahkan hampir tidak terpisahkan. "Apa sih yang tidak terdigitalisasi pada saat ini? Semua serba digital. Bahkan mulai dari kita bangun tidur cek WA story dan lain-lain," ungkapnya.

Ia menambahkan, teknologi yang semakin canggih dapat membaca dan memetakan kebiasaan kita hanya dengan membaca jejak yang kita tinggalkan. Mulai dari hal sederhana seperti penggunaan peta digital seperti Waze dan Google Maps, pola kita sehari-hari menjadi mudah untuk dipelajari oleh pihak lain. Kemudahan teknologi pun ternyata memiliki sisi yang perlu kita waspadai, yakni jejak-jejak kita di dunia maya.

Ketika memasuki dunia digital melalui platform apapun, baik facebook, ig, youtube, twitter bahkan website sekalipun, banyak yang tidak kita sadari telah mengekspos data-data pribadi yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik. Begitu juga dengan maraknya penyebaran informasi palsu atau hoax tanpa kita cek and recek kebenaran sumber informasinya.

Menurutnya langkah yang tepat adalah santun, bijak dan selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memasuki dunia digital."Kuncinya, tinggalkan rekam jejak yang positif saja," tutupnya.

Baca juga:

Unduh Lampiran:
PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NO 4 TAHUN 2024

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.275
    Kemarin:2.646
    Total Pengunjung:598.314
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.226.200.16
    Browser:Mozilla 5.0