SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Desa Sambiroto Terima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3TGAI) dari BBWS

11 September 2024 17:26:37  Administrator  120 Kali Dibaca  Berita Nasional

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Desa Sambiroto menjadi salah satu desa yang menerima Prgram Percepatan Peningkatan Tata Guna Air dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo mengumumkan dimulainya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahap II Tahun Anggaran 2024.

Pengusulan lokasi dalam program ini bisa dilakukan oleh DPR RI, Instansi Pemerintah Daerah, serta Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), dan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

Pelaksanaan program ini akan dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dengan berlandaskan pada Pedoman Umum serta Petunjuk Teknis P3-TGAI.

Menindaklanjuti hal ini, kelompok HIPPA (Himpunan Petanai Pemakai Air) Desa Sambiroto yang difasilitasi Pemdes Sambiroto menggelar sosialisasi masyarakat tentang P3TGAI bertempat di Sasana Krida Darma - Balai Desa Sambiroto, Rabu (11/09/2024).

Sosialisasi dihadiri Kepala Desa Sambiroto beserta jajaran perangkat desa, ketua dan perwakilan kelompok HIPPA Desa Sambiroto dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3TGAI.

Dalam sambutannya, Dziky Iqbal Hamdani (TPM) mengungkapkan program ini bertujuan untuk meningkatkan tata guna air irigasi guna mendukung kesejahteraan petani dan masyarakat setempat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Program P3-TGAI merupakan program padat karya tunai yang diinisiasi oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. "Jadi pelaksanaannya nanti sebisa mungkin melalui program padat karya, sehingga melibatkan pastisipasi dan pemberdayaan masyarakat di sini," jelas Dziky.

Dalam sosialisasi tersebut juga dibahas lokasi yang akan diusulkan oleh HIPPA yakni di area blok 26 persawahan Bolo I, meneruskan program yang sama. Sebagaimana diketahui HIPPA Desa Sambiroto juga mendapatkan P3TGAI di tahun 2022.

Sementara Sekretaris Desa Sambiroto, Marsono mengungkapkan jika usulan nanti disetujui  dan dapat dianggarkan dari APBN maka pagu yang akan diterima dari program P3TGAI mencapai 190 juta rupiah. Jika ini terealisasi maka akan dapat membangun saluran irigasi dengan volume sepanjang 270 meter.

Dalam tanggapannya, Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono menginstruksikan agar lembaga terkait dalam hal ini HIPPA untuk segera melengkapi dokumen maupun berkas administrasi lainnya agar program ini dapat segera diajukan dan direalisasikan,

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.284
    Kemarin:2.646
    Total Pengunjung:598.323
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.15.194.238
    Browser:Mozilla 5.0