SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Pemdes Sambiroto Gelar Prosesi Bersih Desa

14 Juli 2023 21:22:36  Administrator  159 Kali Dibaca  Berita Desa

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi menggelar prosesi adat bersih desa, Jumat (14/07/23). Rangkaian prosesi bersih desa dilaksanakan dua kali di lokasi yang berbeda. Hal ini tidak lepas dari sisi historis atau sejarah Desa Sambiroto yang berasal dari dua krajan (satuan tanah perdikan terkecil pada saat itu), yakni krajan Sambiroto dan Bolo.

Puncak kegiatan bersih desa yang pertama dilaksanakan di Balai Desa Sambiroto sebelum sholat Jumat, sedangkan prosesi berikutnya digelar di kediaman Kepala Dusun Bolo II usai pelaksanaan sholat Jumat.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Desa Sambiroto beserta jajaran perangkat desa, BPD, LPMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT/RW, purnawirawan perangkat desa, mahasiswa Universitas Brawijaya dan perwakilan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono menjelaskan tujuan digelar bersih desa salah satunya untuk mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan nikmat yang telah diberikan. Selanjutnya ia menambahkan, hikmah yang diambil dari kegiatan bersih desa adalah untuk membersihkan diri baik lahir maupun batin dari semua perkara yang dibenci Tuhan, menjauhkan bencana dan marabahaya dari Desa Sambiroto. Oleh karenanya kegiatan diisi dengan acara kenduri dan doa bersama kepada Allah SWT untuk ketenteraman, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat Desa Sambiroto.

Sambutan Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono pada prosesi adat Bersih Desa di Balai Desa Sambiroto, Jumat (14/07/23)

Kepala desa yang akrab disapa Yonik tersebut juga menekankan kepada hadirin untuk tidak melupakan sejarah. Keberadaan Desa Sambiroto sampai detik ini tidak lepas dari jasa-jasa leluhur dan para pendahulu, termasuk perangkat desa yang telah purna tugas. "Bagaimanapun jangan lupakan sejarah, jas merah. Makanya kita undang para perangkat desa yang telah purna. karena ini bentuk penghargaan kepada mereka," jelasnya. Usai doa bersama, rangkaian bersih desa dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya tayub.

Pagelaran seni budaya tayub di Balai Desa Sambiroto, Jumat (14/07/23)

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat jawa. Ritual bersih desa telah di lakukan berabad-abad lamanya, bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam, ritual bersih desa merupakan salah satu wujud syukur warga masyarakat desa dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita semua. 

Berita sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:180
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.096
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.140.79
    Browser:Mozilla 5.0