SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Camat Padas Berangkatkan Kirab Kasenopaten Napak Tilas Tirto Mulyo

19 Maret 2023 19:04:08  Administrator  426 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Camat Padas memberangkatkan Kirab Kasenopaten Napak Tilas Tirto Mulyo di depan halaman Kantor Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Minggu (19/03/23).

Kirab ini merupakan rangkaian prosesi budaya Gebyar Semesta Insan PUPR Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ngawi.

Kirab Kasenopaten, Napak Tilas "Tirto Mulyo" merupakan perjalanan para punggawa yang dipimpin seorang Senopati dari semua desa penerima air Waduk Pondok. Sebelumnya, para punggawa tersebut berkumpul di Lapangan Merdeka Desa Sambiroto untuk selanjutnya diberangkatkan oleh Camat Padas menuju lapangan Desa Dero, Kecamatan Bringin.

Camat Padas Dodi Aprilasetia mengungkapkan ada 17 desa penerima air dari aliran Waduk Pondok yang tersebar di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Padas (9 desa), Kecamatan Pangkur (3 desa), Kecamatan Karangjati (3 desa) dan Kecamatan Bringin (2 desa). Namun tidak seluruhnya dapat bergabung di titik kumpul di lapangan Desa Sambiroto, karena sebagain langsung menuju lapangan Desa Dero, terutama desa-desa yang berasal dari luar wilayah Kecamatan Padas.

Ia berharap melalui momen seperti ini akan dapat memberikan dampak yang positif, meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan air dari aliran Waduk Pondok sehingga dapat mensejahterakan masyarakat khususnya petani. Selain itu bersama-sama memupuk semangat guyub rukun dan gotong royong untuk saling mengingatkan dan menjaga kelestarian alam termasuk air.

Sedangkan desa pemangku sumber air Waduk Pondok dimaksud meliputi 4 desa di Kecamatan Bringin, yakni Desa Gandong, Kenongorejo, Dampit dan Suruh. 

Kirab Kasenopaten, Napak Tilas "Tirto Mulyo" di Desa Sambiroto merupakan prosesi budaya kedua setelah prosesi Babad Dalan, Nebus Laku melalui Giat Gema Sholawat, Selamatan Lihurmatil Auliya dan Pagelaran Ketoprak di Lapangan Dero yang dilaksanakan pada Sabtu (18/03/23) malam.

Lomba fashion show TK/RA kategori wanita di lapangan desa Sambiroto, Minggu (19/03/23)

Selain Kirab Kasenopaten rangkaian Gebyar Semesta Insan PUPR Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi di Lapangan Desa Sambiroto juga digelar lomba mewarnai dan lomba fashion show tingkat TK dan RA.

Lomba mewarnai TK RA dalam rangka Kirab Kasenopaten di Lapangan Merdeka Desa Sambiroto, Minggu (19/03/23)

Berita sebelumnya:

Baca juga:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:204
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.120
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.191.204.211
    Browser:Mozilla 5.0