SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Hadir dan Semarakkan Gebyar Semesta Insan PUPR Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi

16 Maret 2023 08:40:09  Administrator  319 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan menggelar kegiatan prosesi budaya bertajuk Gebyar Semesta Insan PUPR Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi pada Sabtu - Minggu tanggal 18 - 19 Maret 2023 di area sekitar Waduk Pondok.

Adapun yang melatarbelakangi kegiatan ini, insan PUPR Ngawi ingin berkarya membangun fisik yang mampu mencerahkan kondisi batin insan ibu pertiwi merupakan proses panjang menyatukan visi, merumuskan teknis dan menggerakkan peran material dan peran spiritual.

Hal inilah yang mendorong fungsi PUPR harus mampu menjangkau semesta sehingga masyarakat benar- benar merasakan arti pentingnya pembangunan daerah sesuai visi Bupati Ngawi.

Baca Juga:

Dengan Gebyar Semesta yang bertema Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi ini, Dinas PUPR Ngawi ingin menuangkan karya sosial dalam rangkaian prosesi budaya dan semarak seni tradisional untuk memperluas aksi kolaborasi dan tanggungjawab sosial demi kemajuan bersama.

Ini sekaligus penggambaran kepentingan masyarakat atas kebutuhan air sebagai sumber kehidupan dan wujud rasa syukur atas keberadaan air melimpah Waduk Pondok yang kemudian perlu kiranya masyarakat yang dialiri air waduk mewujudkan rasa terima kasih kepada desa- desa pemangku wilayah Waduk Pondok serta menyatukan visi guyub rukun untuk kesejahteraan bersama.

Berikut jadwal rangkaian kegiatan Gebyar Semesta Insan PUPR Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi:

  1. Prosesi Singkir Sengkolo Liwung & Pagelaran Ketoprak, 18 Maret 2023 (Lapangan Desa Dero, Kecamatan Bringin)
  2. Pemberangkatan Kirab Sentono Kasenopaaten, Napak Tilas Tirto Mulyo, 19 Maret 2023 (Lapangan Desa Sambiroto, Kecamatan Padas)
  3. Prosesi Sesrahan Agung "Restu Bumi Ngawi", 19 Maret 2023 (Lapangan Desa Dero, Kecamatan Bringin)
  4. Prosesi "Bhakti Bumi Senopati", 19 Maret 2023 (Area Waduk Pondok, Desa Gandong Kecamatan Bringin)
  5. Pelaksanaan Festival Perahu Guyub Rukun "Senopati Ibu Pertiwi", 19 Maret 2023 (Dusun Nongo, Desa Kenongorejo Kecamatan Bringin)

Prosesi Budaya 

1. Pembukaan

Babad Dalan, Nebus Laku artinya membuka jalan, berjerih payah dan berkorban untuk keselamatan bersama melalui Giat Gema Sholawat, Selamatan Lihurmatil Auliya dan Pagelaran Ketoprak di Lapangan Dero yang dilaksanakan pada Sabtu tanggal 18 Maret 2023.

2. Perjalanan Prosesi 

  1. Kirab Kasenopaten, Napak Tilas "Tirto Mulyo. Perjalanan Para Punggawa yang dipimpin seorang Senopati dari semua desa penerima air Waduk Pondok. Pelaksanaan pada Minggu tanggal 19 Maret 2023 mulai pukul 06.00 WIB dengan titik kumpul Lapangan Desa Sambiroto lalu berjalan menuju Lapangan Desa Dero. Sebelum berangkat pasukan Punggawa & Senopati diberikan amanat suci berupa Gelang Dan Kalung Kembang Monco Warno oleh anak-anak (simbol generasi)
  2. Sesrahan Agung, Restu Bumi Ngawi. Kegiatan penyerahan Tondo Tresno simbol penghargaan kepada Desa Pemangku Wilayah (Pemberi Air) berupa Ubo Rampe lambang pangan kemakmuran. Agenda ini dilakukan oleh para wanita/perempuan warga Desa Dero dan Lego Wetan Kecamatan Bringin.
  3. Bhakti Bumi Senopati. Prosesi penyerahan Lambang Kemakmuran bersama yang ditandai dengan pertemuan antar perwakilan Desa yang dipimpin langsung oleh Bupati Ngawi selaku Pemimpin Daerah.

3. Penutupan 

Prosesi ditutup dengan Pagelaran Wayang dan Penyematan hadiah Lomba Balap Perahu Guyub Rukun dan Tasyakuran seluruh warga.

Berita Sebelumnya:

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:291
    Kemarin:711
    Total Pengunjung:378.207
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.129.23.214
    Browser:Mozilla 5.0