SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Hadiri Panen Padi di Desa Gendingan, Pangdam V Brawijaya Dukung Program Ketahanan Pangan

13 Desember 2022 09:07:24  Administrator  304 Kali Dibaca 
SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus bersinergi dengan pemerintah dalam upaya meningkatkan kedaulatan pangan. Hal itu tercermin saat Kodim 0805 Ngawi melaksanakan kegiatan panen padi Japonica di Desa Gendingan, Kecamatan Widodaren, Senin (12/12/22). Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Nurcahyanto dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono turut hadir dalam kegiatan tersebut.
 
Dalam sambutannya, Mayjen TNI Nurcahyanto mengatakan panen kali ini merupakan bentuk dukungan TNI kepada pemerintah dalam program ketahanan pangan. "Ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari TNI dalam program ketahanan pangan. Apalagi saat ini banyak negara yang mengalami krisis pangan pasca pandemi," tutur Pangdam V Brawijaya.
 
Lahan seluas 1,6 hektar milik TNI tersebut mampu memproduksi 8,3 ton gabah. Dalam pengelolaannya TNI dalam hal ini Kodam V Brawijaya bekerjasama dengan PT. Amerta Tani Maju.
 
"Ini merupakan dari tindak lanjut kebijakan KSAD di mana kami diperintahkan seluruh jajaran mengolah lahan-lahan TNI Angkatan Darat yang kurang produktif, salah satunya di lahan kita ini," imbuh Nurcahyanto. Pangdam juga mengajak seluruh masyarakat yang memiliki lahan namun terbengkalai, untuk dikelola menjadi lahan produktif.
 
 
Sementara itu, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono berharap dari kegiatan ini petani Ngawi dapat belajar untuk mengelola lahan pertanian secara lebih baik. "Terima kasih kepada PT. Amerta Tani Maju dan Kodam V Brawijaya sudah memberikan alternatif petani kita di kabupaten Ngawi, insyaallah petani kita mau untuk belajar, berikhtiar untuk lahan pertaniannya semakin lama semakin baik," ungkap Ony.
 
Selain pertanian ramah lingkungan berkelanjutan, Bupati Ngawi ingin tradisi methil sebagai tradisi peninggalan nenek moyang dapat di lestarikan kembali. Dengan begitu selain bisa menggugah lagi rasa gotong royong, juga bisa menjadi alternatif pariwisata serta menjadi ikon  tradisi kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Ngawi.
 
Baca juga:
 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.624
    Kemarin:2.646
    Total Pengunjung:598.663
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.59.27.141
    Browser:Mozilla 5.0