SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SAMBIROTO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Wakil Bupati Ngawi Serahkan Bantuan Bibit Alpukat bagi 3 Desa di Lereng Gunung Lawu

30 November 2022 07:43:20  Administrator  219 Kali Dibaca  Berita Ngawi

SAMBIROTO-NGAWI.DESA.ID- Secara geografis Kabupaten Ngawi memiliki peran besar pada sektor ketahanan pangan karena lahan subur yang merata. Tidak mengherankan jika Kabupaten Ngawi merupakan salah satu penyumbang pangan terbesar di Indonesia.

 

Salah satu pusat penyumbang pangan terbesar itu berada di Ngawi bagian selatan, tepatnya di lereng Gunung Lawu. Di tempat inilah berbagai komoditi pangan tumbuh subur, baik tanaman musiman maupun tanaman yang sifatnya bisa dimodifikasi tanpa menggantungkan cuaca.

 

Memanfaatkan kondisi geografis itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ngawi menyerahkan 1.300 bibit Alpukat untuk masyarakat Desa Brubuh, Girimulyo dan Jogorogo, pada Senin (28/11/22) di Taman Wisata Kayangan.

 

Secara simbolis bibit Alpukat diserahkan Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko kepada perwakilan Kelompok Tani (Poktan) Desa Brubuh, Girimulyo dan Jogorogo.

 

Pada penyampaiannya, Bupati Ngawi berharap dengan pemberian bantuan bibit Alpukat ini bermanfaat dan menjadi daya ungkit ekonomi warga masyarakat sekitar.

 

"Kita berharap dengan bantuan bibit Alpukat ini memberikan tambahan pendapatan baru untuk peningkatan terhadap UMKM setempat, nantinya dengan adanya agrowisata tanaman Alpukat ini," tutur Dwi Rianto Jatmiko.

 

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Ngawi juga mencanangkan Ngawi Menuju Kampung Alpukat. Jika program ini berdampak positif, Bupati Ngawi berjanji akan menjadikan pilot project dan terus mengembangkan di desa lain.

 

"Apabila konsep di dua desa ini berhasil akan kita jadikan pilot project rujukan di wilayah lain yang memiliki potensi sama," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kadin Pertanian dan Ketahanan Pangan mengatakan bahwa 1.300 bibit alpukat tersebut akan ditanam serentak. Pada kondisi normal, diperkirakan 2-5 tahun mendatang sudah mulai berbuah. Dengan banyaknya jumlah bibit Alpukat yang ditanam ini, produksi Alpukat di Kabupaten Ngawi akan melimpah.

 

"Dan tentu akan menjadi nilai tambah lagi bagi petani dan masyarakat sekitar Desa Brubuh, Girimulyo dan Jogorogo, mengingat kebutuhan buah Alpukat sangat tinggi," terang Supardi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Desa Sambiroto
Desa : Sambiroto
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desasambiroto18@gmail.com

 Sinergi Program

CEK BANSOS KEMENSOS

 Arsip Artikel

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:59
    Kemarin:1.073
    Total Pengunjung:377.264
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.219.227.137
    Browser:Mozilla 5.0